Drainage Cell untuk Taman

November 26, 2020
drainage cell untuk taman
drainage cell untuk taman

Taman memerlukan perawatan agar bisa tampil selalu subur, indah dan cantik terawat. Terdapat banyak jenis taman, ada yang merupakan taman terbuka, yang kondisi tanamannya banyak dipengaruhi oleh kondisi cuaca sekitarnya, lalu ada juga taman dalam ruangan atau yang sering disebut rumah kaca dan lain sebagainya. Kemudian dengan letaknya ada taman di tanah lalu ada juga taman di atap atau yang sering disebut sebagai garden roof. Hal penting yang perlu diperhatikan untuk suatu taman ialah terutama mengenai sistem drainase taman sistem pengairannya. Salah satunya ialah drainage cell untuk taman yakni suatu sistem pengairan taman permukaan.

Apa itu Drainage Cell

Drainage cell ialah berupa blok plastik polypropylene atau floor drain plastik yang cukup ringan bobotnya dan terdiri dari lembaran-lembaran yang dipasang dengan cara dirangkai atau digabungkan dengan secara interlocking sebagai suatu struktur roof garden. Kegunaan utama

drainage cell roof garden itu ialah untuk mengalirkan atau untuk menyimpan air permukaan. Benda ini bisa didapatkan di tempat jual roof drain dalam harga drainage cell yang bervariasi, tergantung kualitas, ukuran dan tingkat ketebalannya.

Nilai Plus Garden Drainage Cells

Suatu roof garden drain cell itu memiliki nilai plus atau keunggulan sebagai taman atap sebagai berikut.

Kuat Bahannya

Karakteristik Material geokomposit yang menjadi bahan utama pembuatan drainage cell itu ialah dari bahan plastik High Density Polyethylene (HDPE) yang cukup kuat atau wulet. Sehingga drainage cell itu menjadi elastis, tetapi cukup kuat. Sehingga sangat ideal dan cocok untuk struktur roof garden. Karakteristik bahan pembuat drainage cell yang kuat ini juga mampu membuat drainage cell jadi nemungkinkan untuk menahan beban dengan bobot yang cukup berat.

Tingkat Ketebalan Ideal

Selain harganya yang bervariasi maka tersedia juga tingkat ketebalan yang berbeda-beda sesuai kebutuhannya. Floor drain harga memang beragam dan bervariasi sesuai ukuran, tingkat ketebalan dan juga kualitasnya.  Karakteristik bahan HDPE yang elastis mampu membuat drainage cell dalam berbagai ragam bentuk tingkat ketebalan. Ketebalan material drainage cell yang sekitar 1 cm maka rata-rata akan memiliki berat sekitar 1 kg per m2. Sedangkan untuk yang bentuknya berupa panel dalam ukuran 50 cm x 50 cm dan dengan tingkat ketebalan sekitar 3 cm maka rata-rata akan memiliki berat mulai dari sekitar 2,5 kg per m2 atau hingga 3 kg per m2. Berat tersebut jauh lebih ringan jika dibanding dengan batu kali yang memiliki tingkat ketebalan sekitar 15 cm hingga 20 cm, yang akan menambah beban berat pada plat beton sekitar mulai dari 100 kg per m2 hingga 159 kg per m2. Adapun kegunaan atau pemanfaatan Drainage cell dengan tingkat ketebalan 1 cm itu biasanya digunakan untuk media tanam bagi tanaman dengan akar yang pendek, seperti berbagai jenis tanaman bunga. Sedangkan drainage cell yang memiliki ketebalan sekitar 3 cm itu maka lebih sering digunakan untuk media tanam untuk tanaman yang berakar dalam, yakni seperti tanaman yang berkayu.

Ringan dan Mudah Pemasangannya

Bentuk dari drainage cell yang terdiri dari lembaran-lembaran ini cukup ringan dan praktis sehingga bisa dengan mudah dirakit dan dipasang di instalasi untuk menjadi media tanam taman atap atau roof garden. Termasuk mudah dan praktis juga pada saat hendak dipindah-pindahkan. Dan bisa mempersingkat waktu, bisa dengan cepat proses instalasinya. Sangat mudah dan praktis sekali hanya cukup diletakkan di atas plat beton atau bagian atap. Lalu di bagian lubang pembuangan air, maka hanya perlu memangkas sedikit bagian material ini supaya sesuai dan pas ukurannya bisa sama dengan diameter lubangnya. Kemudian beri kawat pada lubang tersebut supaya bisa lebih kuat untuk bisa menahan lembar geotekstilnya. Sedangkan untuk yang bentuknya berupa panel, maka panel-panel tersebut haruslah disusun dengan sedemikian rupa sehingga bisa menutup rapat keseluruhan permukaan lantainya. Gunakan juga pengait yang telah tersedia pada setiap panelnya guna menggabungkan antara drainage cell yang satu dengan drainage cell yang lainnya. Bobotnya yang ringan tersebut selain memudahkan juga akan lebih mempercepat proses pemasangan atau instalasinya jika dibandingkan dengan menggunakan batu kali atau kerikil sebagai media tanam untuk roof garsen atau Taman atap tersebut. Selain digunakan sebagai atap taman atau roof garden maka lembaran drainage cell jika sering digunakan sebagai taman dinding yang diletakkan di bagian dinding tembok atau pagar sebagai vertikal garden, atau digunakan untuk pot gantung juga bisa.

Tahan Kimia dan Bakteri

Bahan material drainage cell ini juga cukup tahan kimia dan bakteri, sehingga akan lebih mampu menjaga kesehatan dan menunjang tumbuh kembang tanaman.

Mampu Menampung Air

Tak hanya dapat mengalirkan air, maka drainage cell  juga dapat dan mampu untuk menampung air. Sehingga pada saat dilakukan proses penyiraman maka air yang mengalir tidak akan hanya lewat begitu saja namun ada  sebagian dari airnya yang bisa disimpan pada bagian dasar drainage cell yang memiliki bentuk cekung seperti mirip bentuk suatu mangkuk. Dengan begitu maka tidak perlu khawatir juga kalau seandainya tanaman pada roof garden atau taman atap atau pada suatu vertikal garden yang ditanam dengan media drainage cell tersebut akan mengalami kekurangan air pada suatu saat nantinya jika lupa menyiram.

Mampu Mencegah Banjir

Kemampuan drainage cell untuk menahan air tersebut juga akibat beratnya yang ringan, yakni lebih ringan dari batu kali tersebut maka akan mampu pula untuk mencegah terjadinya banjir dari bagian atap, jika lembaran-lembaran drainage cell itu akan dijadikan sebagai taman atap atau roof garden. Terutama pada saat musim hujan, suatu hal yang tak akan bisa dicegah jika atap taman atau roof garden menggunakan media tanam berupa batu kali. 

Struktur Roof Garden

Sebagai persiapan dalam membuat taman atap atau Roof garden itu ialah antara lain berikut ini.

Pasang dak ataupun lantai beton.

Lalu pasang juga lapisan kedap air atau water proofing, yang tujuannya ialah sebagai pelapis alas supaya tidak terjadi adanya rembesan tanah. Kemudian biarkan dulu selama sehari hingga benar-benar telah kering.

Kemudian lakukan Aci, yaitu penambahan lapisan semen, yang memerlukan pengeringan hingga selama sekitar sehari juga.

Lalu Beri lapisan penahan air atau drainage cell serta lapisan penahan tanah non woven atau geotextile. Sesudah seluruh proses tersebut telah selesai dikerjakan, maka yang terakhir lalu pasang media tanamnya dan tanah hingga siap untuk ditanami tumbuhan.

Cukup banyak nilai plus dari drainage cell sebagai media tanam tanaman di taman atap atau roof garden maupun taman vertikal. Bahan materialnya yang ringan dan juga elastis serta kuat dan mampu menahan atau menyimpan air tersebut memang sangat ideal untuk dijadikan sebagai media tanam pada suatu roof garden atau taman atap dan juga taman vertikal. Tinggal pilih saja kualitas serta juga pilih tingkat ketebalannya yang disesuaikan dengan jenis tanaman yang hendak ditanam.

Informasi lebih lengkap dapat menghubungi kami langsung melalui kontak di bawh ataupun kujungi website kita di www.drainagecell.id

Admin Drainage Cell

Alamat toko :
Jakarta : Jl Bandengan Utara raya No 3A ,Pekojan,Tambora Jakarta barat.

Proudly designed with Oxygen, the world's best visual website design software

We in Social Networks

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram