Cara Pemasangan Drainage Cell dan Prosedur Aman Pemasangannya

Desember 9, 2020

Cara pemasangan Drainage Cell merupakan prosedur umum untuk memasangkan sistem Drainage Cell baik dengan posisi mendatar ataupun vertikal. Drainage Cell merupakan sebuah teknologi terbaru untuk mengalirkan air atau udara di melalui bawah tanah.

pemasangan drainage cell
pemasangan drainage cell

Proyek pembangunan yang semakin arak mengharuskan pihak terkait membuat cara resapan air yang aman dan tidak merusak lingkungan. Cara membuat resapan air sederhana juga mulai diterapkan di rumah-rumah dengan sistem biopori sehingga setiap rumah terhindar dari banjir ataupun genangan air.

Dalam memanage lubang resapan air hujan untuk skala yang lebih besar, kini sistem Drainage Cell mulai banyak digunakan di kota-kota besar. Ketika membuat resapan air, Drainage Cell akan dipasangkan pada bagian bawah tanah sehingga di jalan raya atau fasilitas umum lainnya tidak tergenang air. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara pemasangan dan cara membuat resapan air, berikut ini merupakan sedikit pembahasan mengenai Drainage Cell. Sistem ini juga dikenal dengan manfaat resapan air yang akan didapatkan setelah melakukan pemasangan.

Apa yang Dimaksud Drainage Cell?

Drainage Cell pada dasarnya merupakan sebuah material yang telah didesain khusus dengan bentuk silinder. Gunanya adalah untuk mengalirkan air dan berbagai bahan kimia termasuk cairan kimia dan udara melalui sistem tanam di bawah tanah. Pembangunan yang saat ini banyak terjadi mau tidak mau akan menghambat sistem resapan air.

Akibatnya, pengemabng harus memikirkan sistem resapan air di perkotaan dan berbagai lokasi yang mengalami pembangunan.  Hal ini juga berlaku bagi sistem pengembangan hunian vertikal dimana sistem drainase harus benar-benar direncanakan dengan matang. Sistem drainase harus dibuat secara vertikal dan horizontal pada hunian vertikal.

Salah satu cara paling banyak dilakukan adalah dengan memasang drainage cell secara horizontal maupun vertikal. Cara ini juga bisa diaplikasikan untuk lapisan roof garden yang banyak digunakan di kota-kota besar.

  • Penyeimbang pembangunan di perkotaan

Kegunaan dari Drainage Cell tergolong besar, terutama untuk daerah kota yang mengalami pembangunan pesat. Drainage Cell bisa berperan sebagai penyeimbang pembangunan. Bahkan, peran Drainage Cell untuk menyalurkan air dan udara bisa dijadikan sebagai penyeimbang untuk kelestarian lingkungan perkotaan.

Drainage Cell bisa digunakan sebagai media utama untuk menyalurkan berbagai jenis cairan kimia sehingga tidak mencemari tanah di perkotaan. Cairan tersebut bisa ditampung dalam sebuah wadah besar sebelum akhirnya diolah sehingga bisa tidak berbahaya untuk lingkungan sekitar.

  • Sebagai saluran air atau udara

Drainage Cell juga bisa digunakan sebagai saluran air dan udara yang digunakan di bawah tanah. Hal ini bisa membantu untuk mengurangi resiko terjadinya banjir yang biasa melanda kawasan yang mengalami pembangunan pesat, namun tidak mendapatkan perhitungan yang baik dalam hal perencanaan infrastruktur.

Meskipun di kawasan perkotaan telah terdapat beton atau pengaspalan yang berlangsung hampir di semua wilayah, namun Drainage Cell bisa berfungsi sebagai salah satu cara yang paling praktis untuk menyalurkan udara ke tempat lain.

  • Bagian dari sebuah konstruksi perkotaan

Drainage Cell juga merupakan salah satu bagian dari konstruksi di perkotaan, atau yang bisa disebut sebagai salah satu komponen yang harus ada di dalam setiap pembangunan besar. Bahkan untuk pembangunan hunian vertikal, Drainage Cell tetap menjadi salah satu bagian yang harus diperhitungkan.

Pada sebuah hunian vertikal, saluran air dan saluran pembuangan harus benar-benar diperhitungkan dengan matang. Salah satu metode yang paling aman dan mudah untuk digunakan adalah Drainage Cell dimana proses pemasangan bisa dilakukan dengan aman dan cepat.

Beberapa poin tersebut merupakan hal penting yang harus Anda ketahui mengenai Drainage Cell. Selanjutnya adalah pembahasan mengenai bagaimana prosedur yang aman untuk memasang Drainage Cell sehingga komponen tersebut bisa digunakan dengan optimal baik untuk kawasan perkotaan maupun untuk hunian vertikal.

Apa Saja Keunggulan Drainage Cell Dibandingkan Bahan Lain?

Dibandingkan dengan penggunaan bahan lain dalam sistem drainase di perkotaan, Drainage Cell memiliki banyak keunggulan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa keunggulan Drainage Cell untuk digunakan sebagai media utama dalam mengalirkan air, udara dan bahkan cairan kimia ke tempat penampungan lain.

  • Bahan tergolong ringan
  • Ringga luas dan multifungsi
  • Tidak tahan terhadap cairan kimia
  • Bahan Drainage Cell tidak mudah lapuk
  • Tidak merusak lingkungan
  • Mudah diaplikasikan baik vertikal maupun horizontal

Berbagai keunggulan tersebut menjadi alasan utama mengapa Drainage Cell kini masih sangat banyak digunakan untuk keperluan mengalirkan air atau udara ke tempat penampungan lain. Anda juga bisa menggunakan Drainage Cell sebagai sistem sirkulasi air di berbagai fasilitas olahraga atau berbagai jenis lapangan olahraga.

Bagaimana Prosedur Aman Pemasangannya?

Dalam melakukan proses pemasangan Drainage Cell, Anda bisa menggunakan beberapa prosedur di bawah.ini. Urutan dan prosedur yang tertera merupakan cara paling aman untuk  mengaplikasikan Drainage Cell baik secara vertikal maupun horizontal untuk keperluan berbagai jenis hunian vertikal.

  • Telah dilakukan survey lingkungan sebelum pemasangan

Sebelum memulai proses dan prosedur pemasangan, Anda dan tim diharuskan untuk melakukan survey lingkungan. Survey yang dimaksud harus meliputi kelayakan lingkungan dan kondisi tanah yang akan digunakan untuk melakukan pemasangan Drainage Cell.

Proses survey juga harus dilakukan bersamaan dengan proses penghitungan pondasi yang diperlukan untuk memasang Drainage Cell. Setiap daerah dan ukuran Drainage Cell membutuhkan treatment yang berbeda-beda. Sistemnya pemasangannya harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi sekitar.

  • Memperhitungkan ketinggian pemasangan

Sebelum menggunakan Drainage Cell, baik untuk digunakan di jalan ataupun keperluan lain seperti lapangan olahraga dan sistem drainase apartemen. Anda sebaiknya memperhitungkan ketinggian pemasangan drainage.

Hal ini akan sangat mempengaruhi keawetan Drainage Cell yang akan digunakan. Setiap tujuan yang berbeda harus mendapatkan perhitungan yang berbeda. Sesuaikan kebutuhan tersebut dengan jenis Drainage Cell yang akan digunakan sehingga hasilnya lebih optimal.

  • Memperhitungkan bahan apa saja yang akan dialirkan melalui Drainage Cell tersebut

Sebelum memasang Drainage Cell, Anda harus benar0benar melihat apa saja yang akan dialirkan melalui Drainage Cell tersebut. Hal ini akan menentukan keputusan akhir ketika akan memilih bahan Drainage Cell yang akan digunakan. Bahan yang digunakan untuk mengalirkan air dan cairan kimia tentu harus dibedakan.

Drainage Cell yang dipasang untuk mengalirkan cairan kimia harus terbuat dari bahan yang lebih kuat dibandingkan dengan Drainage Cell yang digunakan untuk mengalirkan udara. Pemilihan bahan yang tepat harus melalui proses survey dan perhitungan yang matang.

Prosedur yang aman harus selalu diikuti agar semua proses berjalan dengan lancar. Fungsi yang optimal juga bisa tercapai bila sistem drainage bisa digunakan untuk mengalirkan air tanpa menimbulkan genangan di bagian atas. Banyak perkotaan yang mengalami permasalahan banjir karena sistem drainase yang tidak dipasang dengan benar.

Pada dasarnya Drainage Cell merupakan pilihan termudah untuk menyeimbangkan pembangunan dan lingkungan saat ini. Agar kawasan perkotaan terhindar dari banjir, Drainage Cell juga bisa menjadi jalan keluar yang tepat. Selama cara pemasangan Drainage Cell dilakukan dengan benar, dijamin alat akan berfungsi dengan baik.

Informasi lebih lengkap dapat menghubungi kami langsung melalui kontak di bawh ataupun kujungi website kita di www.drainagecell.id

Admin Drainage Cell

Alamat toko :
Jakarta : Jl Bandengan Utara raya No 3A ,Pekojan,Tambora Jakarta barat.

Proudly designed with Oxygen, the world's best visual website design software

We in Social Networks

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram