Cara Membuat Resapan Air Sederhana, Ketika Menggunakan Drainage Cell!

Januari 20, 2021

Umumnya ketika Anda akan menggunakan drainage cell, tidak lain untuk mencegah air berlebih di atas permukaan tanah, baik itu di atas permukaan tanah atau juga di atap rumah. Terutama ketika Anda menggunakan drainage cell ini di atas permukaan tanah. Untuk membantu mengalirkan air secara lancar, selain membuat permukaan tanah dengan sedikit miring, juga  menggunakan lubang resapan air. Berikut ini adalah cara membuat resapan air sederhana yang dapat Anda buat di sendiri.

cara membuat resapan air sederhana
cara membuat resapan air sederhana
  1. Siapkan bahan

Sebelum memulai cara membuat resapan air sederhana, Anda sebaiknya mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Kali ini siapkan inlet pipe, yang akan mengalirkan air yang berasal dari drainage cell. Selain inlet pipe, Anda juga dapat menggunakan outlet pipe, jika ingin mengalirkan air tersebut langsung ke sumur resapan atau bahkan ke selokan.  

  • Cari posisi secara tepat

Cara kedua yang sebaiknya diperhatikan adalah, cari posisi yang tepat. Yang dimaksud dengan posisi disini adalah, lokasi tempat Anda akan meletakkan inlet atau outlet pipe tersebut.

Posisi yang pas adalah di bagian tengah, dan disalah satu sudut atau di beberapa sudut. Penempatan posisi ini sangat penting, agar air mengalir dengan lancar. Hasilnya air tidak akan menggenang, dan mengotori permukaan atas.  

  • Buat saluran pipa

Setelah menemukan dan menentukan posisi yang tepat, berikutnya adalah meletakkan pipa itu sendiri. Mengingat kali ini Anda akan melakukannya di atas permukaan tanah, maka tidak sulit untuk melakukan penggalian ke bawah tanah. Untuk membantu pemasangan pipa di posisi yang diinginkan.

Tidak hanya meletakkan, Anda juga perlu memperhatikan posisi saluran pembuangan dari pipa yang dibuat. Apakah akan disalurkan pada sumur resapan, saluran biopori, atau bahkan langsung ke selokan.

  • Buat sumur resapan atau biopori

Apabila Anda menggunakan sumur resapan di depan rumah atau di pekarangan, sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya buat ke dalam tanah sebuah sumur dengan diameter 80 hingga 100 cm, dengan kedalaman sekitar 1.5 m.

Berikut aliran pipa yang sengaja digunakan dalam pemasangan drainage cell, untuk mengalirkan air ke dalam sumur resapan tersebut, atau juga ke selokan. Buat secara presisi dan tepat, agar air mampu mengalir secara lancar.

  • Buat saluran ke selokan

Jika terjadi kelebihan air, ketika hujan lebat, Anda juga perlu memikirkan cara untuk membuang kelebihan air. Kali ini arahkan pipa yang akan dibuat ke arah selokan dengan menggunakan ukuran diameter pipa yang tepat. pastikan tinggi saluran pipa drainage cell, inlet pipe dan juga selokan berbeda. Dengan perbandingan lebih tinggi inlet pipe. Jadi ketika curah hujan sedang tinggi, maka air akan tidak akan bercampur antara air di sumur resapan dan air selokan.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat resapan air sederhana semoga bermanfaat untuk Anda. Serta memberikan informasi lebih, tentang bagaimana cara mengeringkan lahan dan rumah,  serta membuatnya tidak mudah banjir. 

Informasi lebih lengkap dapat menghubungi kami langsung melalui kontak di bawh ataupun kujungi website kita di www.drainagecell.id

Admin Drainage Cell

Alamat toko :
Jakarta : Jl Bandengan Utara raya No 3A ,Pekojan,Tambora Jakarta barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Proudly designed with Oxygen, the world's best visual website design software

We in Social Networks

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram